Tentang



Himakom UGM resmi didirikan pada 18 April 1998 dan merupakan himpunan mahasiswa program studi (Himaprodi) yang bersifat universal dan nasional. Dalam artian, siapapun berhak menjadi anggota dan menggunakan fasilitas milik Himakom tanpa memandang SARIP (suku, agama, ras, dan indeks prestasi), selama memiliki status sebagai mahasiswa/i program studi ilmu komputer, komputer dan sistem informasi, serta rekam medis.

 

Sejak saat didirikan, Himakom hanya membawahi 3 program studi, yaitu S-1 Ilmu Komputer (reguler dan swadaya), D-3 Komputer dan Sistem Informasi, serta D-3 Rekam Medis. Himakom – termasuk salah satu himaprodi yang ditakuti di lingkungan FMIPA UGM, karena pernah menyabet penghargaan sebagai Himaprodi Terlucu versi BEM FMIPA UGM di tahun 2005 dan 2006, serta Himaprodi Terkeren 2006 – berlokasi di Kampus FMIPA Selatan UGM Yogyakarta. Sekarang, Himakom berdiri sendiri terpisah dari Rekmed dan Komsi.

 

Kegiatan Himakom UGM dituangkan dalam bentuk program-program kerja yang bertujuan mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.