Donor Darah 2018



Foto Himakom UGM.

Tak terelakkan jika darah merupakan salah satu bagian penting tubuh manusia agar dapat hidup melakukan aktivitas sehari-hari. Fungsinya sangatlah banyak, dari mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh hingga mengedarkan sari-sari makanan dari usus ke jaringan tubuh. Bayangkan saja jika tubuh manusia kekurangan darah, hal itu pasti akan menyebabkan banyak masalah bagi tubuh.

Donor darah, bisa diartikan sebagai sumbangan darah, mentransfusikan berapa ratus cc darah dari satu orang ke orang lain yang membutuhkan. Dalam melakukan transfusi darah, perlu diperiksa terlebih dahulu kecocokan darah milik si pendonor dan si penerima. Namun apabila dalam keadaan darurat, ketika si penerima harus segera mendapatkan transfusi darah, maka harus ada persediaan darah di instansi terkait agar cepat penanganannya.

Dalam mengumpulkan persediaan darah tersebut, sering kali diselenggarakan acara donor darah. Acara donor darah biasanya dilakukan oleh PMI dibantu dengan lembaga-lembaga yang memang berkeinginan untuk melakukan kegiatan sosial atau semacamnya.

Pada tanggal 30 April 2018, Himakom (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer) dan Himakomsi (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer dan Sistem Informasi) UGM berkesempatan lagi untuk mengadakan kegiatan amal tersebut di Gelanggang Mahasiswa UGM. Acara tersebut diketuai oleh Rahadian Dandyaswara (Ilmu Komputer 2017) yang dibantu dengan anggota-anggotanya dari Himakom dan Himakomsi. Perlu diketahui jika acara donor darah Himakom dan Himakomsi bertemakan “Share Our Blood for Thousand Lives”, demi kemanusiaan, sudah sepantasnya kita mendonorkan darah kita untuk membantu ribuan nyawa.

Kegiatan sosial tersebut tidak hanya sebatas donor darah saja, terdapat side event pemeriksaan mata, gigi, dan gizi. Pengunjung pun juga disuguhkan penampilan akustik dan talkshow di samping  menunggu nomor antrian donor darah maupun pemeriksaan-pemeriksaan. Pembicara talkshow kemarin berasal dari PMI, membahas tentang betapa pentingnya donor darah bagi diri kita dan orang lain yang menerimanya. Pengunjung pun juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pembicara ketika sesi tanya jawab talkshow. Tak hanya sampai di situ, pengunjung juga mendapatkan teh hangat sebagai minuman di pagi hari. Setelah melakukan donor darah, pengunjung juga menerima makanan berupa bubur ayam yang lezat rasanya sebagai ucapan terima kasih sudah menjadi pahlawan.

Acara donor darah mengandung makna yang luar biasa. Saling tolong menolong terhadap sesame. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan melalui kegiatan sosial tersebut. Mari terus galangkan acara donor darah, sumbangkan darah untuk seseorang yang perlu pertolongan darahmu. Bagikan darah sebagai penyelamat ribuan nyawa.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *